Cari Blog Ini

Selasa, 14 November 2017

LAPORAN ONJOB LEARNING PKB IPA

LAPORAN ON THE JOB LEARNING

PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN






















NAMA GURU                                                :  .........................., S.Si.,MM

MATA PELAJARAN/PAKET KEAHLIAN   : IPA  

NIP                                                                 :  ....................

UNIT KERJA                                                 : SMP NEGERI 1 .................






KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

2017












KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. atas selesainya kegiatan On The Job Learning pada Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru jenjang Sekolah Dasar Guru Kelas Guru Kelas Tinggi. Laporan ini merupakan dokumen laporan kegiatan yang wajib dikerjakan untuk Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru.
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru merupakan tindak lanjut dari hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015, dan bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.
Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar melalui P4TK IPA Jawa Barat, memberikan bantuan untuk pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru, khususnya di MGMP SMP  Komunitas 5 , Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon yang dilaksanakan dari tanggal 30 September 2017 sampai dengan 14 Oktober 2017.
 
Semoga dengan adanya kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini mampu meningkatkan mutu pendidikan yang berimbas pada pembangunan sumberdaya manusia Indonesia seutuhnya.


                                                                        Gunung Jati,  13 Oktober 2017


            Penulis








BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Peningkatan kompetensi guru terkait dengan profesionalismenya, harus dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya serta Permendiknas No. 35 Tahun 2010 tentang petunjuk teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya untuk kenaikan karir dan kepangkatannya.
Tahun 2017, Ditjen GTK mengembangkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan kelanjutan dari Program Guru Pembelajar dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenaikkan capaian nilai UKG dengan rata-rata nasional yaitu 70.
Penyelenggaraan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melibatkan berbagai macam pihak. Bentuk pelibatan dilakukan dengan berbagai cara seperti memberikan dukungan bagi terselenggaranya Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, baik dalam moda tatap muka, dalam jejaring (daring) murni, maupun daring kombinasi. Salah satu komponen yang terlibat dalam penyelenggaraan program ini adalah Komunitas/KKG dan anggotanya.
Laporan On The Job Learning ini dibuat sebagai bentuk laporan peserta yang telah selesai melaksanakan kegiatan OJL pada program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.


B.   Tujuan

Tujuan dari kegiatan OJL adalah peserta mempelajari modul dan mengerjakan lembar kerja secara mandiri di tempat bertugas dan pertemuan dengan peserta lain di komunitas masing-masing. Pertemuan yang dilakukan di komunitas masing-masing pada saat On ini dilakukan minimal 2 (dua) kali selama kegiatan On berlangsung.

Pada saat On peserta melakukan pendalaman materi dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan pada saat In-1. Tingkat pendalaman materi dan jenis tugas yang diberikan kepada peserta disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran. Uraian tugas pada saat On terdapat di dalam tiap modul PKB.

C.    MANFAAT

1.      Bagi Peserta
Peserta dapat meningkatkan kompetensi sesuai dengan modul yang dipelajari baik pedagogik maupun professional.

2.      Bagi Sekolah
Sekolah dapat meningkatkan standar PTK yang dimiliki khususnya dalam kompetensi PTK yang sebelumnya kurang dari Standar Nasional Pendidikan yang ditentukan dalam perundang-undangan.

















BAB II
ON THE JOB LEARNING


A.   Tempat Dan Waktu Pelaksanaan

1.    Tempat Pelaksanaan
Pelaksanaan OJL dilaksanakan di tempat tugas masing-masing setelah kegiatan KBM berlangsung. Untuk kegiatan diskusi peserta berkumpul di ruang MGMP IPA SMP Komunitas 5 sebanyak 3 kali pertemuan.

2.    Waktu Pelaksanaan
OJL dilaksanakan dari mulai tanggal 30  september 2017 sampai dengan 14 Oktober  2017. Pertemuan di komunitas selama OJL yanitu tanggal 30 September, 1 Oktober  dan 14 Oktober  2017.

B.   Gambaran Umum Pelaksanaan Kegiatan
Moda tatap muka merupakan sistem pembelajaran di mana terjadi interaksi secara langsung antara fasilitator dengan peserta pembelajaran yang meliputi pemberian input materi, tanya jawab, diskusi, latihan, kuis, praktik, dan penugasan.  Moda tatap muka dapat dilaksanakan dengan dua alternatif, yaitu tatap muka penuh dan tatap muka in-on-in. Penjelasan lebih lanjut mengenai pelaksanaan moda tatap muka dijelaskan dalam Petunjuk Teknis Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.






1.    Modul B


No.
Materi Yang Dipelajari
LK yang Dikerjakan
Keterangan
1
Teori Belajar 
LK.B1, B2, B3,


2
Energi dalam sistim Kehidupan
LK B1.02; B1.03; B1.04; B1.05

3
Fotosintesa,
LK B2.02; B2.03;;

4
Interaksi Mahluk Hidup
LK B3.02;B3.03; B3.04

5
Asam Basa
LK B4.02;B4.03; B4.04

6
Dampak Pencemaran Lingkungan
LK B5.02; B5.03;  B5.04;B5.05




2.    Modul C

No.
Materi Yang Dipelajari
LK yang Dikerjakan
Keterangan
1
Pedagogik
LK C1.02;C1.03; C2.02

2
Suhu
LKC1.02; C1.03;C1.05; C1.06;C1.07; C1.08

3
Kalor, dan Perpindahan Kalor
LK C1.10; C1.11; C1.12; C1.13; C1.15; C1.16;C1.17 dan C1.18

4
Perubahan Fisika dan perubahan Kimia
LKC2.02, C2.03; C2.04; C2.05

5
Perubahan Iklim
LK C3.02; C3.03;C3.04 ; C3.05




BAB III
PENUTUP
Keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini sangat ditentukan oleh berbagai unsur yang berkepentingan dalam melaksanakan kegiatan secara tertib, disiplin dan tanggung jawab yang tinggi. Laporan ini diharapkan menjadi bahan informasi bagi peserta, panitia penyelenggara dan pihak-pihak lain, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai yang diamanatkan oleh undang-undang.
Kesimpulan dan saran kegiatan OJL dalam PKB Moda Tatap Muka In On In
Keberhasilan pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan  ditentukan oleh kesungguhan semua pihak dalam melaksanakan program.  Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kompetensi guru secara berkelanjutan sehingga dapat melakukan pembelajaran yang menarik dan berinovasi sesuai kebutuhan materi yang diajarkan.  Oleh karena itu, Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota serta pihak terkait lainnya hendaknya terlibat dalam rangka meningkatkan kompetensi guru. Keberhasilan pelaksanaan  kegiatan ini sangat ditentukan oleh berbagai unsur yang berkepentingan dalam  melaksanakan kegiatan secara tertib, disiplin dan tanggung jawab yang tinggi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar